Kenapa namanya harus Cinta Monyet?

Sinetron Monyet Cantik yang tayang di SCTV




Sebagai kids jaman now yang kini beranjak menjadi young adults, pastilah kalian pernah melewati salah satu fase kehidupan yang namanya "Cinta Monyet". Dikutip langsung dari sumber terpercaya, Wikipedia, Cinta Monyet memiliki arti :

Istilah informal yang berarti perasaan cinta yang terjadi antara sepasang anak muda yang masih dalam masa remaja.

Sekarang coba kalian ingat-ingat kembali, seperti apa dan bagaimana cinta monyet kalian dulu? Manis? Asem? Asin? Rame rasanya.

Apapun rasa yang timbul ketika kalian mengingatnya, pastilah ada sebersit kenangan-kenangan lucu yang tercipta kala itu, saat dimana kita sedang polos-polosnya lalu sok-sokan mencoba untuk memaknai cinta. Halah.

Begitu juga gua, dan di postingan kali ini gua akan membahas kenangan itu :')


Jadi waktu itu gua masih mengenyam bangku SMP (iya bangku SMPnya gua kasih saos sama kecap terus gua gigit). Bisa kalian bayangkan gua yang di tingkat empat kuliah ini masih termasuk dalam jajaran mahasiswa bertubuh mungil (dan bermuka imut), wujud waktu SMPnya kaya apa? Segede botol shampo? Ya gitulah, pokoknya mah kecil.

Jadi, rangkuman singkat jaman SMP gua tuh kurang lebih kaya gini :


  • Jaman-jaman SMP kelas 7, gua mulai mengenal apa yang namanya pertemanan
  • Jaman-jaman SMP kelas 8, gua mulai mengenal apa yang namanya persahabatan (mana tontonannya sinetron Kepompong lagi)
Persahabatan bagai Kepompong, mengubah ulat menjadi benang sutra
  • Jaman-jaman SMP kelas 9, gua mulai mengenal apa yang namanya suka-sukaan #ea



Beruntungnya gua, walaupun masih tergolong anak cupu, tapi jaringan pertemanan gua luas. Di jaman-jaman kelas 7 dimana semuanya masih SiBa (Siswa Baru) dan belum terbentuk hierarki serta strata sosial di sekolah, gua udah ngincer nih anak mana yang kira-kira dalam setahun kedepan prospek untuk jadi anak gaulnya tinggi, nah yang kaya gitu-gitu yang gua temenin. Sebut saja temen gua yang namanya Cimeng (asik, dari namanya aja udah jelas banget lah ya tingkatan gaulnya setinggi apa), gua temenan ama si Cimeng ini dari awal kelas 7, eh bener pas kelas 7 akhir dia udah pacaran sama cewek gaul di sekolah. Ajib emang, salah satu strategi untuk melambungkan derajat kegaulan tuh dengan macarin cewek/cowok yang juga sama gaulnya. Alhasil jadilah #RelationshipGoals. 


Nah jadi tadi kan gua udah jelasin, gua baru mulai paham yang namanya suka-sukaan sama cewek (dalam wujud asli manusia) itu di kelas 9, kalo dalam wujud kartun mah dimulai dari pertama nonton Detective Conan kali, gua jatuh cinta sama Ran Mouri, heran juga sih sebenernya kenapa bisa, padahal kan muka-muka tokoh di kartun Detective Conan mirip-mirip semua yak :(

Nih buktinya
Jadi ya, kehidupan gua waktu kelas 7 sama kelas 8 sebagaimana pelajar SMP Indonesia pada umumnya, yaitu mengamalkan "Tut Wuri Handayani" dalam setiap hembusan nafas. Ada si sesekali maen Fidget Spinner, gadeng, maenan gua jaman SMP tuh udah masuk ke era sosial media. Inget banget gua di kelas 7 masih jamannya maen Friendster. Pulang sekolah, duduk anteng depan komputer, terus bikin testimonial di profil temen. Tapi dulu tuh belum ada modus-modus ngedeketin cewek, semuanya pure karena rasa ingin berteman. Sumpah. Terus masuk ke kelas 8, mulai masuk Facebook menggantikan nenek moyang dunia sosial media Friendster. Lu pikir ketika udah di FB, udah gaul gitu kan, padahal mah kagak, kadar alaynya FS masih pekat terasa.

Fun Fact : Friendster gua saking alaynya, ketika terakhir ditinggalkan nama profilenya kalo gasalah = SnOw_FlAsH.

Fun Fact dari Fun Fact di atas : "SnOw_FlAsH" adalah nama dari karakter game online "Ragnarok" gua.
Ragnarok Online

Nah kan kepanjangan intronya, jadi langsung aja kita ceritanya udah di kelas 9 nih.


Di kelas 9...

Menjalani tahun terakhir di SMP, pasti banyak sekali hal-hal yang ingin kita lakukan dengan teman-teman. Salah satunya adalah ngomongin "Eh lu suka sama siapa di sekolah?"

Entah emang udah dijadwalin sama sekolah atau gimana, gua sama temen-temen geng tongkrongan sepercupuan gua, baru engeh kalo kita bisa ngedeketin cewek di sekolah. Jadi di kelas 7 sama kelas 8 bener-bener nggak kepikiran tuh, mungkin karena emang lagi jadwalnya anak-anak gaul kali ya yang boleh pacaran. Nah jadi dah tuh di setiap hari Jumat, ketika sekolah pulang cepet, kita langsung cabut dan nongkrong di tempat tongkrongan kita, ya, itu adalah masjid depan sekolah. Ya iyalah, orang mau jumatan masa nongkrong di warung kopi.

Sebagaimana anak-anak pada umumnya, gua menggunakan waktu khotbah jumatan buat becanda sama temen-temen, ada yang liat-liatan sms sama cewek lah, ada yang main game di hape Symbian lah, ada yang maen kojoy-kojoyan lah. Beh seru.

Ini namanya Kojoy, budaya yang harus dilestarikan
Terus kapan masuk ke bagian ceweknya ini man...

Oiya, maap maap

Jadi, di kelas 9, gua sama temen-temen sepercupuan gua masing-masing mulai nargetin nih, cewek mana yang bakal kita deketin. Ada yang milih deketin cewek satu kelas, ada yang milih deketin cewek kelas laen, sementara gua? Mengingat nama gua udah keitung jelek di kelas gua sendiri, maka gua nargetin buat ngedeketin cewek kelas laen.

Sebut saja namanya teh sisri "Melati"

Gua tertarik sama Melati karena, ya, dia cute sih. Orangnya pendiem. Gua belom kenal sama Melati btw.

Kelas 9 tuh udah mulai masuk Twitter, dimana orang-orang ngebacot setiap malem di timeline hanya untuk agar supaya seru-seruan aja.

Gua udah tau nih, akun twitternya si Melati, kalo gasalah dulu akunnya digembok.

Gua yang gamau ketinggalan progress sama temen-temen gua yang udah pada jauh memberanikan diri buat follow akun dia, eh abis itu diaccept, dan difollowback. Yeah~

Masuk ke langkah selanjutnya, gua liatin tuh akun si Melati, gua bacain tweetsnya. Oke, gua mulai mengenal lebih jauh tentang dia.

Langkah berikutnya harus lebih menonjol lagi nih! Gua mikir cara apa yang kira-kira bisa bikin dia engeh sama keberadaan gua. Loncat dari lantai 3 sekolah? Terlalu ekstrim. Samperin dia langsung ke kelasnya terus kenalan? Beh, lebih ekstrim lagi, mending gua loncat dari lantai 6 (padahal sekolah gua lantainya cuma ampe 3).

Akhirnya gua memutuskan untuk melakukan hal paling bodoh yang ada di dunia ini, gua ngetweet gini ke dia :

Tes tes, halo halo. Mau ngetes seberapa terkenalnya gua nih. Buat @akunsimelati, kenal gua nggak?

Ya kira-kira gua bodohnya sebodoh itu lah, kalaupun lebih bodoh dari itu kita batesin aja kalau bodohnya cuma sampe situ. Deal yak.

Terus abis itu mention gua ga dibales sama dia. Hehe. HEHEHEHEHEHE.
.
.
.
.
.
Gua tidak menyerah sampai disitu. Jadi ada kesempatan lain lewat di timeline, yaitu tumpukan RT (ReTweet) yang berisi alamat Windows Live Messenger temen-temen di sekolah. Dan di salah satu tumpukannya terdapat alamat messenger si doi. Asik~~~

Gua pun dengan sok cool ikutan nger-RT dengan ngasih alamat messenger gua. Yosh, babak baru segera dimulai!

Windows Live Messenger - Perantara Cintaku

Kalo di hape pakenya Ebuddy

Singkat cerita, gua udah nge-add akun messenger doi. Terus kalo udah jadi temen nih di messenger, bakal ada notif yang muncul kalau si doi lagi online, itu tuh.. itu tuh... salah satu kenangan terbaik di masa itu. Dimana kamu deg-degan ketika tau notif itu bunyi, dan ketika muncul tertulis nama doi kamu sedang online. Rasanya......... asdfghjklmnopqrstuv. Kalah deh rasa makan es krim Aice siang-siang.

Di suatu kesempatan gua memberanikan buat ngechat doi langsung di messenger. Sebagaimana abege-abege pada umumnya, ketika gua pencet send, gua langsung membanting diri gua ke kasur saking malunya. Hadeh, lucu ya dulu tuh (padahal sampe sekarang masih suka begitu). Seabad, dua abad.. kemudian dia pun bales!

ting nung!

"ANJIR ANJIR DIBALES!!", sambut gua histeris.

Kemudian gua dengan segala macam upaya berusaha mencari topik obrolan sehingga agar supaya chat ini terus berlanjut kalau bisa sampai akhir zaman. Disitu tuh pokoknya gua kenalan sama dia, dan gua baru tau kenapa kalo di chat ini dia mau ngebales karena disini mungkin lebih privat (dan guanya ga sebego di twitter kemaren). Gua nanya-nanya ke dia,

"Mel, kok lu jarang keliatan sih di sekolah?",

dia pun jawab "Iya, kalo istirahat gua cuma di kelas. Bawa bekel sendiri atau ke kantin terus langsung ke kelas lagi"

"Hm, pantes kok gua jarang banget liat lu hehe. Tapi kok aneh sih emang kenapa gamau keluar kelas gitu?

"Hah, ya gapapa, emang kenapa.."

"Haha, ya aneh aja sih..."

nah dari situ pokoknya suasana chat gua mulai memburuk, sampai di suatu titik gua salah ngomong dan dia tersinggung... (salah gua emang, jadi gua tuh masih kebawa jiwa-jiwa alay gitu, dimana gua berpikir untuk mendapatkan perhatian cewek maka lu harus godain dia/buat dia bete, iya gua kayanya kebanyakan nonton FTV SCTV yang dimainin Putri Titian nih)

Jadilah dia marah, terus log out Messenger.

Gua. Pun. Panik.

Di chat pertama pedekate gua sama cewek, gua salah ngomong dan buat dia marah coba -_-

Gua langsung nge-DM dia di Twitter, ga dibales.

Gua nge-DM temen deketnya dia di Twitter, sebut aja Kamboja, si Kamboja ngebales DM gua dengan "CIEEEE lu mau ngapain sama Melati man? hahhaha gua sebar ah. Nih nomernya XXXXXXXX"

Gua yang gamau masalah ini makin runyam ngebales "Aduuuh, tadulu tadulu. Gua salah ngomong tadi di chat, jadi dia marah. Gua mau sms dia dulu buat minta maaf."

Gua SMS. Nunggu. Alhamdulillah dibales. Dan dimaafin.

Gua tau emang guanya yang salah, gabisa milah-milah omongan. Dan lama kelamaan gua baru tau kalo dia tuh punya penyakit Vertigo, yang intinya tuh suka kambuh, jadi mungkin sebagai salah satu faktor penyebab betenya juga.

Dari situ, entah memang sudah ditakdirkan Tuhan atau gimana, gua jadi punya nomernya dia...

Semenjak itu gua jadi sms-an sama dia. Ya kadang via chat juga.

Yang dibahas? Macem-macem sih. Mostly pelajaran (ya apa yang lu harepin dari anak cupu kaya gua? bahas perekonomian bangsa? kagak kan). Kadang juga ngebahas si A, si B, temen-temen yang ada di lingkaran pertemanan dia yang beririsan dengan lingkaran pertemanan gua.

Karena lagi kelas 9 juga, lagi jaman-jamannya Try Out dan Ujian, kita emang sering banget ngebahas pelajaran. Dia seringnya minta bantuan gua buat ngejelasin ini, ngejelasin itu. Bukannya mau sombong, gua termasuk anak yang kalo PM (Pendalaman Materi) masuknya ke kelas A (yang isinya anak-anak pinter) #HashtagSombong.

Kalo lagi ngebahas keseharian seru juga sih. Dia rumahnya di Depok, lumayan jauh dari sekolah. Dianter dan dijemput sama ibunya naik mobil. Kalo di rumah kegiatannya les, sama di rumah aja gitu. Punya kakak cowok, namanya sebut saja Anggrek. Penyakitnya kadang suka kambuh gitu, karena itu juga mungkin kegiatannya nggak banyak. Pokoknya anaknya pendiem banget deh, tapi ya itu, lucu, haha.

Jadi waktu itu lagi Ujian Praktikum (UP) olahraga, waktu itu lagi giliran kelasnya dia, terus gua dari kelas gua di lantai 3 ngeliatin dia, lagi tes Voli. Rambutnya dikuncir, pake baju olahraga, dia siap-siap untuk melakukan service. Dan yak, gagal, hahaha. Tapi dia berhasil kok mempertahankan ke-lucu-annya itu :')

Ngomong-ngomong soal kakaknya, dia tuh lumayan deket sama beliau. Kaya sering becanda-becanda gitu deh. Pernah gua dikasitau gini sama dia, "Eh man, namalu di kontak hape gua, gua ganti jadi nama kakak gua ya, biar nanti nggak ketauan sama nyokap hehe". Gua nggak tau harus merasakan apa saat itu, harusnya sih sedih ya, tapi jawaban gua mah "oh, yaudah hehe". HEHE.

Lu pikir gua selama smsan dan chatan itu terus bakal lancar ketemu dan kenalan langsung sama dia?

ENGGAK!

Selama gua smsan dan chatan itu gua gapernah ketemu langsung dan ngobrol sama dia. Selain emang kita beda kelas, jarang ketemu, dan dia orangnya pendiem, sukanya ngedekem di kelas, faktor lain yang menjadi penyebab utamanya adalah GUA CUPU.

Itu.

Jadi pernah, suatu ketika, gua papasan sama dia di tangga Mushola. Gua mau ke atas, dia mau ke bawah.

terus

kita

jalan

aja

gitu

sambil

nunduk

ga

negur

satu

sama

lain

:)


Kalo ga salah inget abis itu gua jedotin pala ke tembok deh saking begonya, gatau sih gua juga rada-rada lupa, mungkin itu efek jedotannya yang bikin gua ga inget.






Lama smsan, lama chatan, tapi bahasannya gajauh-jauh dari pelajaran sama keseharian (dan gak ketemuan juga). Gua pun merasa

"apa gua cuma dimanfaatin doang ya..."

Hebat ya, anak kelas 9 SMP masalahnya udah pelik gini, kalah susah soal UN matematika.


Tapi ya mau gimana lagi, gua masih bisa menikmati walau cuma bisa ngobrol sama dia via sms.



Waktu kian berlalu, gua mulai tidak menaruh harapan lebih sama dia.

Lalu tibalah Ujian Nasional, membuat kita tidak smsan dulu.

Dan tidak smsan itu pun berlanjut sampai pengumuman nilai UN keluar.

Di pagi yang dagdigdugser itu, gua dapet sms dari dia, isinya kurang lebih gini :

Man, makasih ya selama ini udah bantuin gua belajar... Gua seneng banget, nilai UN gua 36 koma sekian hehe. Makasih banyak ya man, lu gimana?
liat sms itu, gua merasa bahagia..

Ternyata kehadiran gua di hidup dia ada artinya :')

Gua cuma bales sms dia singkat untuk memberi selamat, tetapi tidak untuk melanjutkan obrolan.



Kita pun memasuki masa pendaftaran SMA, gua keterima di sekolah yang berbeda sama dia, karena memang kita berbeda region juga. Gua pun sudah mulai melupakan Melati.




Sampai suatu hari, waktu lagi jaman-jamannya MOS (Masa Orientasi Sekolah), Melati SMS gua lagi.

Gua pun kaget, "Hah, ada apa nih Melati sms gua lagi. Mau ngajak balikan apa", (ya biasa, gua suka becanda, sama diri sendiri aja gua becanda)

Isi smsnya ternyata nanya......
.
.
.
.
.
.
.
Man, lu tau maksud dari ini nggak : Life is Never Flat, Minuman Tiga Kaki, Pisang 1 Sisir, dll. Gua disuruh bawa itu nih buat MOS, bantuin dong hehe

Yak, gua merasa bener-bener dimanfaatin saat itu.

Akhirnya SMSnya nggak gua bales.


Dan itu menjadi kontakan terakhir antara gua dengan Melati.

2 komentar

  1. bantu jawab gan.
    life is never flat =chitato
    minuman tiga kaki = cap kaki tiga (?)
    pisang ya pisang

    moga ngebantu gan hehe

    BalasHapus

My Instagram