XXXXX

Assalamualaikum!

Selamat sore kawula muda~ *sok-sok Dodit*

Ya jadi ceritanya pada suatu malam sekitar pukul 12 gua lagi asik-asik baca Bakuman depan laptop, lalu tiba-tiba muncul sebuah notification di salah satu tab browser. "Hah, ada notif ask.fm malem-malem gini?" *sebenernya kepo-kepo-bahagia-gitu tapi tetep sok-sok-stay-cool-dulu* "Akhirnya muncul juga saat-saat dimana gua punya stalker/secret admirer... Terimakasih ya Allah" *kata gua seraya melakukan sujud syukur. Selese sujud syukur gua langsung buka tab ask.fm. "Ih asik ada pertanyaan!", melihat jam yang sudah menunjukan pukul 12 malam lewat beberapa menit pikiran gua mulai menerawang tajam. Gua mikir isi pertanyaannya bakal kaya gini-gini :

"Man, jadian yuk"
"Cong, jadian yuk"
"Hai, boleh kenalan gak?" - cewek cakep pake kacamata
"Hai, ASL?" #SalahWeb
"Man, gua udah nggak tahan pengen ngomong ini... Sebenernya... Gua mau ngomong... Utanglu bayar woy!"
"likers get likes?"

Dan pas gua buka, ternyata isinya cukup mengharukan. Kira-kira begini copasannya :

"Cong, mau rikues satu dong cong tolong imp, desc, fi anak anak x5 cowoknya aja. nomager ya soalnya gue sayang banget sama mereka dan gue harap kita semua bisa sukses dan terus bermain bersama T-T ah jadi sedih gini" 

Ya yang mau nangis gua kasih waktu.

Oke lanjut. Tersentuh dengan kata-kata anon tersebut, akhirnya hati gua tergerak untuk mewujudkan pintanya. Akhirnya gua habiskan waktu seharian untuk ngelarinnya. Capek juga kampret. Tapi gapapalah. Baiklah ini dia saya persembahkan "imp, desc, fi anak anak x5 cowoknya aja" :

1. Engkoh/KOH/Irfansyah Effendi

FI : "Eh ini Engkoh kan?"

Desc : Temen pertama gua di X5. Ada yang aneh disini, kenapa? Karena gua sama Engkoh satu SMP, tapi kita baru kenalan di SMA hehe. Engkoh dipanggil "Engkoh" sejak SMP, dan gara-gara gua, dia harus menahan rasa kesal dipanggil "Engkoh" lagi selama SMA. Engkoh salah satu pilar penyangga kelucuan di X5. Ya, Engkoh sangat suka melawak di kelas, beberapa karyanya menjadi masterpiece dan akan selalu terkenang di hati kita (salah satunya yang tutup botol itu). Salah satu orang yang paling 'ayo!' kalo diajak maen, jalan-jalan, futsalan. Engkoh punya metode sendiri kalo ngelawak, sekarang metodenya terkenal seantero 34. Engkoh suka aneh, giliran ada lawakan lucu banget dia cuma cengar-cengir, tapi pas ada lawakan biasa aja dia malah ngakak-ngakak, ujung-ujungnya kita cuma bisa bilang "udah koh udah, orang nggak lucu juga", menurut analisa gua, Engkoh mudah ngakak kalo lawakannya berhubungan dengan "kehomoan Farhan" kalo nggak "Ketuaan Macit"

Lawakan tentang Engkoh : "Bapaknya Engkoh kan Fisikawan ego", "Engkoh kan tokoh masyarakat", "Engkoh kan ada warnet di rumahnya", "Engkoh kan punya konter pulsa", "Engkoh kan punya toko hp di glodok", "Tiap sore Engkoh kan naikin layangan buat bocah2", "Apa yang Engkoh omongin, pasti kebalikannya", "Nggak, nggak koh, lu mah boong mulu, nggak percaya gua kalo Engkoh yang ngomong"

Imper = "Ah gara2 lu sih cong gua jadi dipanggil engkoh lagi", *ketawa khas Engkoh*, 'koh kok lu sipit banget' *sok-sok melotot*

2. Ciblay (Cina Jablay)/M. Teo Khibran Machri

FI : "Ih ganteng juga, cina-cina gitu, supel pula, calon-calon anak eksis nih"

Desc : Master of ceneh. Suka ngelawak tapi yang lucu bisa diitung pake jari. Orangnya rame, seru, penghidup suasana lah. Inget banget waktu pertama di X5 dia sok-sok ngenalin diri gitu ke semua orang, "Halo nama gua Teo" *senyum-senyum sambil nyodorin tangan*. Gua kira awalnya dia sodaraan ama Galuh soalnya deket banget. Maen futsalnya jago, kalo nendang nggak kira-kira, meleng dikit gol. Nurut banget sama emak, kalo lagi maen trus ditelpon emaknya suruh pulang ya pulang. Sok-sok higienis. Gasuka pedes, kalo beli sate pakde dikasih sambel yang banyak biar Teo gaminta. Suka nasehatin gua, nyuruh gua makan yang banyak biar gede, suka ngelindungin gua dari kejamnya dunia. Pernah ke rumah Teo sekali, jauh banget gapake aja, kayaknya Teo sengaja muter-muterin kita biar kesannya jauh hmmm. Ngalusnya jago tapi sembunyi2.

Lawakan tentang Teo : "Ah Teo juga lu", "Ah Madun", "Bayi ajaib te", "Teo kan dicegat adek kelas disuruh cukur rambut"

Imper : "Makan yang banyak cong biar cepet gede", "Jangan ada yang minta makanannya Ilcong, gimana mau gede dia", *ketawa khas Teo*
3. Bang Gan/Firas A'la Zagarino

FI : "Wah bule bule gitu, pasti dari SMP swasta bertaraf Internasional nih"

Desc : Gataunya Firas dari SMP sebelah. Kegantengannya sudah tidak diragukan lagi, ngakunya sih betawi asli tapi muka kea kompeni. Firas punya jurus "Tinggal Tunjuk", yaitu kalo suka sama cewek tinggal tunjuk pake jari ceweknya mau. Walaupun Firas mempunyai potensi jadi anak gaul, eksis, playboy tapi dia tetep berpegang teguh pada kepribadiaannya yang anak baik-baik. Katanya adeknya yang perempuan pernah ikut Casting lho wahaha. Firas selalu menjadi sasaran kehomoan Ale, Farhan dan kadang-kadang gua juga ikutan. Kalo maen futsal suka susah dribble sama nendang karena kakinya kepanjangan. Kalo lu liat Firas dari luar mungkin mikirnya "Wah anak clubbing kali nih", padahal mah kerjaannya di rumah baca komik, nonton anime sama maen game online. Firas juga orangnya lebih ke pasif gitu, lebih suka menanggapi rangsang daripada memulai tindakan. Suka males deket-deket Firas soalnya sering dikira kembar.

Lawakan tentang Firas : "Firas udah ganteng, pinter, jago ngalus lagi", "Firas udah ganteng, pinter, jago ngalus, lucu lagi", "Firas udah ganteng, pinter, jago ngalus, lucu, bisa maen basket lagi"

Imper : "Jomblo lu" padahal dia jomblo juga

4. Obindias/Binsar/Rizqy Obindias

FI : "Ini kembar kali yak sama Adul"

Desc : Obin merupakan pribadi yang unik menurut gua, dia lucu, baek, asik, bisa diajak serius lebih bisa diajak becanda dan yang terpenting, dia punya kharisma. Obin juga merupakan pilar penyangga kelucuan di kelas. Kalo udah ngelawak sama Reja Sungkar beh pecah abis. Pas awal-awal masuk kelas beduaan mulu sama Adul udah kayak adek abang. Obin gapernah marah. Obin juga orangnya setia, buktinya hapenya nggak ganti-ganti. Kontak emaknya Obin di hape tulisannya "Mama 2" dan kalo smsan ama emaknya sopan banget. Badannya, jaketnya, bajunya wangi mulu, gua sama Ale suka nyium-nyiumin. Rumahnya di Jombang, awalnya gua kira Jombang di Jawa timur, rumahnya Obin katanya keramat, rumah Obin pewe buat dimainin, ada karambol, internet kenceng dan ada V Channel (?).

Lawakan tentang Obin : "Obin punya kunci surga noh di tasnya", "Obin suka menggembala kambing", *cahaya masuk dari jendela ke arah obin* "Bin dipanggil emak noh disuruh pulang", "Bin binsar bin"

Imper : "Gokil gokil gokil", "yee' yeee' yeeee'ilaaaaaaaaahhhh", "Horang kayah", *ketawa khas Obin*

5. Mas Goci/Kim Kurniawan/Faiz Ahmad Ghozy

FI : "Kalo diliat-liat mirip juga sih sama Kim Kurniawan"

Desc : Dulu dipanggilnya masih Goci belom pake embel-embel "Mas". Alhamdulillah sekarang Mas Goci udah menapaki jalan yang benar semenjak menjadi Ketua Rohis SMA 34, padahal dulu mah sama-sama tersesat wahaha. Paling demen ngomongin soal bola, udah khatam dah kaya Al-quran, suka minjem Four Four Two (majalah bola) punya Rumi. Paling suka ngajak futsalan, jago lagi, bisa bermain sebagai penyerang maupun bertahan. Kalo maen sama mas Goci bawaanya adem kaya teras mesjid.

Lawakan tentang mas Goci : "Gope, Goci - Jupe", udah ah itu aja takut durhaka...

Imper : "eh futsalan yuk", "ayok sholat dulu udah azan tuh"

6. Alay/Ale/M. Raka Rizki

FI : "et sama kecilnya kaya gua" "Sian amat nih anak dipanggil alay, tapi diliat dari mukanya cocok sih"

Desc : Alay yang bertransformasi menjadi ale ini anaknya seru. Ale sodaraan sama Rumi, baru tau kan lu? Homonya sering kambuh, apalagi kalo udah ketemu Firas, Obin, ah semuanya. Dulu suka maen lompat-lompatan yang disebut Jump Style. Kecil-kecil udah punya pacar, dan pacar-pacarnya sering dijadiin bahan becandaan. Maen futsalnya jago juga, kalo udah depan gawang tiba-tiba gol, beda ama gua yang di depan gawang malah godain kiper.

Lawakan tentang Ale : "Le lu udah ngapain aja ama *sensor*, pasti udah *sensor*", "*sensor* kerdus ego le", "Opay pernah ngangkangin Ale trus diekap dari belakang", "Le sodara lu noh"

Imper : "Ekaap ekaaap", *nyodok2 Obin dari belakang*, *nepok2 pantat orang*, "aahhh ahhh ohhh"

7. Hilman/MAN/Hilman Fadli Supriyadi

FI : "Ih namanya nyama-nyamain aja"

Desc : Orang yang membuat gua dipanggil Ilcong di SMA. Jadi karena nama kita hampir sama, kalo orang2 manggil "man" ya nengok dua2nya, jadi pada manggil gua Ilcong deh. Ilman dan Hilman punya banyak kesamaan, nama hampir sama, motor sama2 Honda Beat putih, plat nomer belakangnya sama2 SYM, kisah cinta... jauh berbeda. Hilman tuh jago banget ngalus, padahal X5 isinya para pengalus handal semua, tapi tetep nempelnya sama Putri mulu, beh langgeng banget, dari orok udah dijodohin kali. Pengetahuan tentang hal2 berbau game dan animenya juga sangat dalam.

Lawakan tentang Hilman : "Kalo lagi anniv sama Putri, Hilman maen futsalnya jadi jago"

Imper : "man" "apa man?" #Nahlo

8. Farhan/Om/Homo/Farhan Arya Sukma
FI : "Badannya gede gitu, senggol dikit jatoh gua"

Desc : Farhan (dulu) adalah om-om homo yang senang fitness bareng pak Win di Fit & Fresh. Tampangnya suka kaya orang sakau gitu gua juga gatau kenapa. Farhan anak tunggal, tapi di rumahnya ada sepupu-sepupunya yang masih kecil. Ada satu sepupunya yang lucu banget gua panggil Ucul, duh jadi kangen Ucul. Kata Rumi emaknya Farhan kaya Skrillex karena rambutnya mirip. Dulu Farhan gabisa naek motor, tapi sekarang udah jadi anak motor. Kalo udah bawa motor gedenya keliatannya sangar, ngeri ditampol, tapi kalo udah di kelas mukanya sakau lagi. Deket sama Macit karena sama2 pecinta jeketi, tapi sekarang udah sembuh keanya, kalo Macit mah udah gak bisa ketolong.

Lawakan tentang Farhan : "Homo lu han" 33x

Imper : "Cong kok lu enak dipeluk sih", "Cong gua suka sama yang kecil2 nih kaya lu..." *mati*

9. Galuh/Jablay beriman/Galuh Rizkyananta

FI : "Ah kayaknya anak baek-baek" ---> setelah kenal 3 tahun nyesel pernah mikir ini

Desc : Pas awal-awal kenal sih baek-baek, anteng, eh lama-lama keluar juga tainya. Pembuat kata "Ciblay", "Rojer" dan kata kampret lainnya. Paling suka bikin masalah, ya ngatain YKW lah, ngisengin Rumi lah, ada aja dah. Super ngeselin, kalo orang lagi kenapa-napa malah diketawain. Pemasok "pencerahan" ke orang-orang sekitar, pokoknya kalo ngeliat "pencerahan" hiduplu jadi cerah, tapi abis itu gelap lagi sih. Suka nyentil-nyentilin gua. Mantannya Galuh yg nana nana dalem itu cakep, untung udah jadi mantan, kan jadi bisa gua deketin WAHAHAHA #MimpiKamuNak. Btw gua pernah foto bedua sama nana, katanya sih nananya ngejauh gitu pas difoto...

Lawakan tentang Galuh : "Gal, nana ikut gak gal? kalo ikut gua ikut", "Gal udah gal move on, fotonya disimpenin mulu di hape" <-- dulu, "Gal ada pencerahan baru gak?"

Imper : "Rojer!", "Ciblay!", "Cong ini ada pencerahan baru cong, sini..." eh malah disentil.

10. Ndirham/Arham/Andi/Andi Arham Muhammad

FI : "Tampangnya anak baek-baek banget dah"

Desc : Arham suka warna pink. Gua baru tau kalo nama Andi itu nama orang Makassar. Gak kaya Galuh, Arham terbukti anak baik-baik dari keluarga baik-baik pula. Menurut Macit Arham mukanya pasaran, karena banyak yang mirip ama dia, contohnya kakak kelas yang dipanggil Acil. Keluarga Arham namanya nggak jauh-jauh dari Arkam, Akram, Karam #loh dan gua suka ketuker-tuker antara nama bapaknya dan nama adeknya. Ngomong2 soal bapak, kalian harus ketemu bapaknya Arham! Bapak paling gokil yg pernah gua temui. Bayangin aja, bapaknya nyuruh Arham punya dua cewek. Tiap kata yg keluar dari mulut bapaknya Arham adalah kata2 mutiara, calon pengganti Mario Teguh deh. Gua saranin bapaknya Arham bikin buku sendiri. Btw bapaknya Arham adalah juragan gula merah, pantesan temen anaknya (gua) manis ;) #NgapaJadiNgomonginBapaknya

Lawakan tentang Arham : 'Ham, Arkam/Akram kelas berapa?' "Arkam/Akram bapak guah!", "Ham, lu pernah di *sensor* yak di Bali?"
Imper : "Cong bareng gak pulangnya?" rumah kita searah

11. Rumi/Troll face/Rumi Raniri

FI : "haha mukanya ngeselin kaya troll face"

Desc : Rumi adalah anak yang baik, suka becanda, tapi candaannya aneh. Kalo kita lagi duduk2 anteng tiba2 dia dateng nunjukin gambar2 9gag, 1cak, na9a di hapenya sambil senyum2. Rumi juga orangnya kaku (saking kakunya mitos mengatakan kakinya bisa nuncep ke tanah biar gak gerak), kalo jalan gendong tasnya udah khas banget. Rumi sekarang ansos ansos gitu, kalo disapa gak nengok, kalo papasan gua sapa "Rum" trus dia bales "Siapa ente?" trus kabur. Suka dunia bola, tapi lebih ke manajerisasinya. Btw gua jadi kangen Rumi...

Lawakan tentang Rumi : "Fosil fosil", "Rumi kalo naek angkot trus gelayutan di pintunya walaupun angkotnya kecelakaan jungkir balik juga dianya tetep gelayutan nggak gerak", "Rumi sukanya yg 2 dimensi"

Imper : Banyak banget kata makian dari rumi yang lucu. Kata2nya itu ada yg bahasa Rusia, Spanyol, Jepang, Itali gitu2. Kata2nya tuh kayak "Kuso!", "Pandeho!" dan masih banyak lagi tapi gua lupaaaaa

12. Adul/Udin/Faris/Faris Aminudin

FI : "Badannya gempal kaya sapi gelonggongan"

Desc : Adul ini orang yang dari luar keliatannya senggol bacok (tampangnya sangar sih kaya preman Ciputat) padahal tidak, selama gua temenan ama dia gua belom pernah diapa2in ama doi. Pas awal2 beduaan mulu ama Obin tak terpisahkan kaya Upin Ipin. Rumahnya sangat amat jauh, di Parung (gua gatau itu dimana), kata Adulnya sendiri sih rumahnya di kaki gunung (ya segitu jauhnya). Kata orang2 malah kalo ke rumah Adul kita bisa mandi belerang. Trus konon katanya, kalo kita maen ke rumah Adul berangkat senen pulang selasa, selasa tahun depan. Dan ada desas-desus mengatakan kalo kita tarik garis antara rumah Teo, Adul sama Reja itu bakal terbentuk segitiga setan. Kapan-kapan touring dah yok ke tiga rumah itu.

Lawakan tentang Adul : 'Dul maen ke rumahlu yok' "Ayok, tapi pulang-pulang kita udah wisuda"

Imper : udah lama gak maen ama Adul jadi lupa. Kangen Adul.

13. Delpadel/Fadel

FI : "diliat dari tampangnya sih menandakan kematian"

Desc : Fadel bisa diibaratkan sebagai Dajjal kelas. Dengan jurus "Slebew"nya, nggak ada yg berani sama dia. Jadi "Slebew" itu adalah metode penyiksaan dengan cara mencolek hidung kita dengan tangan Fadel yg abis dijepit di ketek. Bisa dibayangkan baunya kaya neraka. Malah katanya ada yg lebih parah lagi, yaitu dijepit di selangkangan (gatau ini mitos apa fakta). Soal ngalus? Beh Fadel rajanya, master dari segala master, kalah Hilman, Firas yg gantengnya kaya gitu aja kalah. Mantannya Fadel berserakan dimana-mana.

Lawakan tentang Fadel : Gak ada gak ada, gua masih pengen hidup.
Imper : "Dari jaman T-rex makan buah kuldi juga...", 'Del, mau kemana?' "Kejedot"

14. Opay/Aufar

FI : "Wah Opay tampangnya bandel-bandel-tapi-ganteng gitu"

Desc : Opay orangnya iseng dah, suka ngakalin Majid. Kalo taruhan ama Macit pasti dia yg menang, Majid dibegoin mulu soalnya. Opay mah kadang baek, kadang iseng, kadang insyaf.

Lawakan tentang Opay : "Kata Opay, kalo ada mbak mbak cakep lewat, siram aja pake *sensor* seember"

Imper : "Ah Tomat (Tombol Kiamat)", "Jid tarohan bola yok"

15. Ambiyabiya/Mbi/Ambiya Filardi

FI : "Wah asik nih anaknya"

Desc : Ambiya anaknya asik, seru dan supel gitu. Kalo diajak maen mah hayok hayok aja. Rumahnya sering jadi basecamp kelas buat maen PES, nonton film, ngumpul-ngumpul dan buka bersama. Kalo maen PES dewanya nggak kira2, jagoannya Real Madrid, selalu pake itu gapernah nggak, gua pernah  maen sama dia kalah 10-0, itu juga masih ngepur Ambiyanya. Perlu diwaspadai kalo maen PES tangannya suka mencet2 jurus, pantesan menang mulu. Selain PES, maen futsalnya juga jago. Selalu duduk sama Reja Sungkar, padahal anak-anak yg laen duduknya pindah-pindah, udah klop banget dah sama Reja. Padahal Ambiya ganteng lho, tapi kok nggak punya punya pacar ya? Btw akhir-akhir ini doi jarang keliatan semenjak katanya hapenya ilang. Kangen nih mbi ayo ngumpul lagi.

Lawakan tentang Ambiya : "Ambiyabiyatul" <-- dulu, "Mbi, adek-adekan gua itu", 'Ah lu mah jago banget ngalusnya mbi, kalah gua' "Tai, elu lah paling jago, Fadel aja kalah" 'eek', 'eh ini gua acak ya timnya' "eh gua lawan siapa tuh?" 'lawan Ambiya' "ah mati udah lah gua gausah maen"

Imper : ""Ja, gua ada game baru nih", "Ayok maen PES, gua gak jago nih" 'tai kuda eek kucing', "ayokdah rumah gua"

16. Jasung/Om Jin/Barney/Reza Sungkar

FI : "Eh ini sodaraan sama Shireen Sungkar nggak ya?"

Desc : Gembong/Arab puncak/Bomb*sensor* adalah kata kata yang menggambarkan Reja. Dulu awal masuk kelas seragamnya beda sendiri gitu udah kaya Om Jin nyasar. SMPnya GIS (Global Islamic School), walaupun ada embel2 islaminya, tapi kalo denger cerita2 Reja jadi bingung mana Islaminya. Dulu badannya kaya Barney tapi sekarang udah kurus bingit. Pernah sakit gak bisa gerak tapi bisa ngetik sms. Seumur idup baru pertama kali gua ketemu orang se-ASDFGHJKL ini. Kalo ngelawak selalu lucu gapernah nggak. Kalo lagi ngumpul2 di kelas dia pemberi materinya, materinya sih ya gajauh-jauh dari *sensor*, *sensor* dan *sensor*. Pilar utama penyangga kelucuan kelas selain Engkoh, Obin, Macit dan Teo (masukin aja Teo biar dia seneng). Kalo lagi iseng suka maen ke rumahnya di deket Kampung Rambutan. Disana kita nonton, baca komik, maen game, nonton yang ada di laptop trus dihidden, makan, ngobrol-ngakak-ngobrol-ngakak gitu2 doang.

Lawakan tentang Reja : "Inget gak lu cerita Reja yg di depan bank BRI", "Inget gak lu cerita Reja yg di basement", "Inget gak lu cerita Reja yg pas study tour SMPnya", "Reja lagi minta jatah"

Imper : "Sumpah demi Allah Waullahi" *sambil suer-suer*, *ketawa khas Reja*

17. Macit/Engkong/M. Majid

FI : "oh ini orang veter..."

Desc : Nggak ngerti lagi sama Macit. Suka lupa, kalo jalan sering jatoh kalo nggak nabrak-nabrak, pikiran suka ngeblank, kalo cerita susah buat kita percaya, ah macem-macem dah, kita sih maklum aja soalnya faktor usia. The Creator of Chicken Shuffle Squad. Suka enteng kalo ngeluarin duit. Sekarang udah lulus dan katanya mau kuliah. Banyak keabsurdan tentang kehidupan seorang Majid, lu harus jadi temennya dia dulu baru bisa mengerti betapa rumit dan kompleksnya hidup beliau.

Lawakan tentang Macit : "Jit umurlu sekarang 50 berapa?", "Yah maklum udah tua", "Cit katanya nilai di ijasahlu lu isi sendiri"

Imper : "Koh anterin gua pulang gua bayar 20rb", "Cong beliin gua makroni gua kasih goceng" padahal kan makroni harganya gope, "Eh kunci motor gua gua taro mana ya?, "Eh dompet gua kok ga ada"

18. Ilcong/Rojer (Rohani Jerawat)/Ilman Na'afian Wirawan

Halo salam kenal. Udah kan ya gak ada yang kelewat? Akhirnya bisa tidur dengan tenang.

SELESAI

Oh iya, buat yang penasaran kenapa judulnya XXX gitu kan kesannya kaya..... :

XXXXX -> X nya ada 5 -> X5. Bye!






Wassalam!

1 komentar

My Instagram