Kalau Gede, Mau Jadi Apa?

Assalamualaikum!

Hai, akhirnya bisa ngepost lagi eHe eHe eHe *cengengesan*

"GIMANA US AMA PRAKTEK-NYA MAN???"

Alhamdulillah lancar kok! Gua kira bakal seserem ngajak kenalan cewek cakep di angkot atau seenggaknya seserem UN lah, tapi ternyata temen-temen gua pada santai-santai banget...
Buat US kayaknya gua fail di mtk dan kimia deh. Mtknya susah bero! Orang pas pengawasnya bilang "Ya waktunya tinggal 15 menit lagi ya" gua baru nyampe nomer 30 dari 40 soal, itu juga banyak yang bolong nomer-nomer sebelumnya #Oke. Kalo kimia gua emang nggak bisa teorinya, kagak belajar. Yang kasian temen-temen gua (gua juga sih) yang kena PHP guru kimia kita. Mereka bilang "Pelajarin aja paket 4. Pelajarin." Yasudah sebagai murid yang baik kami mencamkan kata-kata beliau. Eh keesokan harinya waktu kita buka lembar soal ujian kimia, murid-murid kelas gua serentak berkata :

"Emmmm.... beda. Emmmmmmmmmmmm."

Buat Ujian Praketek, sumpah ini gua doang yang ngerasain apa semua orang juga, rasanya ujian praktek di SMA nggak kaya ujian praktek di SMP. Di SMP tuh rasanya tegang banget (kaya ngapain aja tegang #eh), bawaannya pengen doa mulu. Lah ini SMA? Apa juga selow! Tapi gua fail di uprak Biologi nih... soalnya salah dikit aja langsung dibombardir sama pengawasnya, gua langsung ngedon. Pikiran gua buyar, yang harusnya inget abis ini harus ngapain, malah keingetan kamu #SalahFokus. Abis itu gua langsung bersikap apatis dan acuh tak acuh terhadap praktek Biologi beserta para pengawasnya. Terus uprak Bahasa Inggris juga lumayan lancar... Ngawurnya. Iyalah, gua kan paling nggak bisa writing! Eh ini disuruh writing! Ditentuin lagi temanya! Waktunya dibatesin! Minimal 200 kata! Mau numpang translate di Google Translate hapenya disuruh taro tas! Mau nanya temen juga nggak boleh! Akhirnya cuma bisa nulis seadanya dengan grammar sengasalnya dan vocab se-insyaAllah bener-nya. Aamiin.

Tapi Alhamdulillah, sekarang semua itu sudah lewat, dan ternyata yang kita anggap susah, sulit dan tidak mungkin, akan terasa sangat berbeda ketika kita sudah menjalaninya, apalagi kalau kita melakukannya secara bersama-sama. Hashtag Syedap.

Dan yang tersisa sekarang hanya tinggal...

Serem kk~
Beh. Mantep. Nggak berasa njir. Ujian-yang-tidak-boleh-disebut-namanya itu tinggal beberapa hari lagi ada di hadapan kita (Kita? Lu aja kali ama centong #OldButBold #EmangDiBoldHAHA #?). Kurang dari sebulan lagi coy lu bayangin. Dan hari ini, di H-berapaguagatau UN, gua malah menganggap gua bisa lebih bebas setelah Praktek dan US kemaren. Harusnya sih gua nyadar kalo harusnya gua lebih tekun lagi belajar. Harusnya gua nyadar kalo harusnya gua nggak menganggap remeh UN. Harusnya gua nyadar kalo harusnya gua nggak bisa nyamain perlakuan gua ke US dengan perlakuan gua ke UN. Harusnya gua nyadar kalo harusnya gua harus belajar!

Dan harusnya gua nyadar kalo tulisan gua diatas sudah membuat pusing kalian. Hashtag Peace.

Ohiya, kalian dapet salam nih dari "kita" :
Iya. itu "kita"
Oke, gua rasa itu cukup untuk pembuka post kali ini. Sekarang langsung saja kita beralih ke inti pembicaraan. Sekarang gua tanya ke diri gua sendiri :

"Ilman, Ilman, Ilman*, kalo gede, mau jadi apa?"

*Kalau kalian merasa jijik dengan nama Ilman, 
kalian bisa menggantinya dengan nama lain*

Dan sekarang gua akan menjawab pertanyaan itu berdasarkan periodisasi tumbuh kembang gua :

- Waktu gua TK (Perkiraan umur : 4-6 tahun)
Waktu kita TK, semuanya terasa mungkin. Mau cita-cita lu jadi Superman, Ironman sampe Pengaman (baca : penga-men) juga di-iya iya in aja ama semua orang. Ya maklum lah ya, kan kita masih kecil, pikiran kita belum teracuni dengan "Realita". Nah di tahap ini, kalo gua ditanya dengan pertanyaan seperti diatas, gua bakalan jawab :

"Astronot"

Yep, waktu kecil gua mau jadi astronot! Karena apa? Karena dulu yang namanya luar angkasa tuh keren banget! Rasi bintang, Planet Neptunus, Komet Halley. Semuanya terlalu keren untuk anak seumuran gua waktu itu. Mungkin efek dari diajak Emak ke Planetarium waktu kecil sangat keras menujam hati gua. Pernah kan kalian ke Planetarium? Terus pas pertunjukannya kita seolah-olah naik Roket, dibawa keliling Tata Surya, pergi dari satu Planet ke Planet yang lain? Kalo sekarang sih biasanya pergi dari satu hati ke hati yang lain #Dor

Kemudian sang Waktu kembali mengayuh sepedanya...

- Waktu gua SD (Perkiraan umur : 7-12 tahun)
Waktu kita SD, "Realita" sedikit demi sedikit mulai memasuki otak kita melalui celah-celah kecil. Sekarang cita-cita kita mengalami downgrade atau penurunan. Yang tadinya mau jadi Superman, sekarang mau jadi Polisi. Yang tadinya mau jadi Ironman, sekarang mau jadi Bos Perusahaan Setrika. Yang tadinya mau jadi Pengaman (setelah dibaca ulang, kata "Pengaman" terdengar seperti *sensor* ya), sekarang mau jadi Penyanyi (loh malah naik?!). Dan di tahap ini, dengan pertanyaan yang sama, gua bakal jawab :

"Ilmuan"

Yep, sesuai dengan nama yang telah diberikan oleh orang tua gua, Ilman -> Ilmuan, gua rasa gua ditakdirkan untuk menjadi Ilmuan nantinya. Ditambah dengan bantuan serial kartun "Jimmy Neutron" yang tiap hari gua tonton di TV, kedua hal tersebut sukses mensugesti otak saya. Lagipula, kapan lagi ada ilmuwan namanya Ilman?

Kemudian sang Waktu mulai bosan dan kembali berjalan...

- Waktu gua SMP (Perkiraan umur : 13-15 tahun)
Waktu kita SMP, ini beda-beda tergantung orangnya. Ada yang udah kenalan sama "Realita", tapi ada juga yang belom. Kalo udah kenalan, ya cita-cita mereka mengalami penurunan lagi. Sementara gua? Gua baru setengah-setengah mengenal "Realita". Dan di saat itu gua bakal jawab :

"Penulis Novel Komedi atau Komikus"

Yep, waktu SMP gua lagi tergila-gila sama Raditya Dika dan buku-bukunya. Buku Raditya Dika yang paling gua demen? Tidak lain dan tidak bukan adalah ini :

Iqro! Baca!
Tapi awal gua bertatapan dengan karya Raditya Dika sih di buku ini :

Lucu banget!
Ini lebih lucu!

Karena itulah gua ngebet banget pengen jadi Penulis Novel Komedi. Kalo soal pengen jadi Komikus, itu sih gara-gara gua kebanyakan baca komik. Ditambah ide-ide cerita absurd yang terbendung di otak gua gatau mau disalurin kemana. Dan ditambah pula dengan hadirnya komik ini :


BAKUMAN

NGIRI BANGET SAMA MEREKA

Cukup. Kalian tidak akan tau sebetapa inginnya aku menjadi komikus... REALITA KAMU JAHAT AARGGHHH.

Sang Waktu hanya tersenyum kecil dan melanjutkan perjalanannya...

- Sekarang gua SMA (Perkiraan umur : 16-17 tahun) 
Sekarang kita SMA. Di tahap ini, semua orang sudah sangat akrab dengan yang namanya "Realita". Bukan, bukan karena "Realita" orang yang baik, tapi karena SMA mengharuskan kita untuk berkenalan dengannya. Bisa ditebak, cita-cita kita sekarang berada pada titik terendah. Gua juga gitu. Kalo ditanya pertanyaan itu, gua jawab :

"Web Designer"

Yep, itu cita-cita gua sekarang. Buat yang belom tau, Web Designer itu yang kerjaannya ngedesign-design Website orang. Contohnya kaya gini nih : Karya Web Designer. Dan menurut gua itu keren.

Lalu kemudian sang Waktu bertanya,

"Kemana sosok Astronot, Ilmuan, Penulis Novel Komedi dan Komikus itu?"

Tenang, mereka masih ada kok. Di dalem diri gua. Dan akan gua keluarin sosok-sosok itu ketika gua jadi Web Designer nanti.
"Maksudnya?"

Maksudnya gini lho, ketika gua jadi Web Designer nanti (aamiin), bisa aja gua bikinin Website buat NASA (atau apalah) yang bertemakan luar angkasa. Sosok Astronot dalam diri gua pun keluar. Bisa aja gua bikin Website pendidikan atau Website forum Ilmuan se-dunia. Sosok Ilmuan dalam diri gua pun keluar. Bisa aja gua bikin Blog (yang templatenya gua bikin sendiri tentunya, bukan download template orang) berisikan tulisan-tulisan lucu gua. Sosok Penulis Novel Komedi gua pun keluar. Bisa aja gua bikinin Website bertemakan Komik buat Komikus-Komikus Indonesia. Sosok Komikus gua pun keluar. Intinya, dengan pekerjaan Web Designer gua nanti, gua bisa berkontribusi buat pekerjaan Astronot, Ilmuan, Penulis Novel Komedi dan Komikus. Itu yang gua maksud.

Terhenyak, sang Waktu pun mengangguk sambil mengamini. Dan akhirnya dia pergi. 

Nah sekarang giliran kalian nih. Gua cuma pengen kalian...

DOAIN GUA YAK SEMOGA GUA BISA MASUK JURUSAN ILMU KOMPUTER UI LEWAT JALUR UNDANGAN DAN SEMOGA GUA BISA BENERAN JADI WEB DESIGNER AAMIIN

Beribu-ribu terimakasih buat yang udah mau mendoakan! Untuk menunjukan rasa terimakasih saya, saya kasih ini nih :





Wassalam!

0 komentar:

Posting Komentar

My Instagram